Soal essay beserta jawaban materi FTP

Soal

1. Apa pengertian ftp server ?
2. Apa fungsi utama dari ftp server ?
3. Sebutkan kelebihan dan kekurangan ftp server?
4. Bagaimana cara kerja  utama ftp?
5. Apa tujuan dari ftp server jelaskan?


Jawaban


  1. File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol internet yang digunakan untuk urusan  pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.                                                                                  
  2. Salah satu fungsinya yang paling utama adalah untuk melakukan pertukaran file maupun informasi antar komputer. Menariknya, fungsi ini tanpa langkah-langkah yang sulit dan sebesar apapun file yang akan dikirimkan akan tetap bisa dilakukan.                         
  3. Kelebihan => Dapat digunakan dengan mudah. Selain itu, verifikasi untuk mengakses FTP juga sangat mudah. File yang dikirimkan melalui FTP juga tidak bisa begitu saja di hapus dari komputer atau perangkat lain yang mengaksesnya.                                                                                                                                                                                                                          Kekurangan => Sistem FTP sudah cukup tua, jika seseorang tidak memiliki background IT atau gaptek (orang yang belum familiar dengan dunia IT), akan sedikit sulit untuk menggunakannya.                                                                                                                                   
  4. Untuk cara kerjanya, secara umum terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data. FTP dapat bekerja dalam mode aktif dan mode pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data terbentuk. Pada kedua mode, client membuat sebuah kontrol TCP dari port N menuju FTP server port 21.                                                                                       
  5. FTP server mempunyai beberapa tujuan seperti melakukan pembagian data dan menyediakan layanan implicit remote computer. Selain itu, ia juga menyediakan layanan penyimpanan untuk pengguna komputer serta layanan untuk melakukan transfer data yang lebih efisien. Dan perlu diketahui jika suatu FTP server bisa bekerja baik dengan koneksi aktif maupun pasif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian remote server beserta prinsip dan cara kerjanya